Jumat, 09 September 2011

Album Nevermind Tidak Lantas Membuat Kurt Cobain Kaya Raya

Album Nevermind memang telah terjual sebanyak 30 juta keping, dan masih akan bertambah, sejak pertama kali dirilis pada 1991. Namun ternyata album fenomenal yang telah mengubah wajah musik untuk selamanya tersebut tidak langsung membuat para personelnya kaya raya.

Hal tersebut dibeberkan oleh penulis biografi Kurt Cobain berjudul Heavier Than Heaven, Charles R. Cross, melalui sebuah feature yang terdapat pada situs majalah alternatif kenamaan asal Amerika Serikat, Spin.



“Terdapat sebuah kesalahpahaman yang umum bahwa Cobain menjadi milyuner dengan cepat karena kesuksesan Nevermind. Tapi album tersebut tidak mencapai status gold (penjualan 500 ribu kopi) hingga sebulan setelah album tersebut dirilis, dan keuntungan yang dihasilkan tidak tiba pada 1992 atau lebih,” ujar Cross.

Ia lalu menjelaskan bahwa mayoritas label rekaman hanya membayar royalti dua kali dalam setahun, dan pembayaran seperti itu menghambat masuknya keuntungan penjualan hingga beberapa bulan. Hasilnya, Cobain nyaris tidak menghasilkan uang sama sekali dari Nevermind pada 1991. Pendapatannya saat itu jika ditotal adalah 29.541 dollar AS, dan hampir semuanya berasal dari tur musim gugur.

Cross melanjutkan: “Ketika Cobain pulang ke rumahnya di Olympia, Washington, seusai merekam Nevermind pada musim semi, ia menemukan barang-barangnya di dalam boks di dekat trotoar. Ia diusir karena masalah pembayaran. Ketika itu ia menghabiskan malamnya tidur di dalam mobil, sementara label rekamannya memberikan sentuhan-sentuhan terakhir untuk sebuah album yang akan menjual 30 juta kopi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar