Jumat, 07 Oktober 2011

Gorillaz Siap Rilis Album Kumpulan Lagu Terbaik


Gorillaz, band kartun yang dipimpin oleh vokalis Blur, Damon Albarn, dan pencipta komik alternatif, Jamie Hewlett, telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis album kumpulan lagu terbaik dengan tajuk The Singles Collection pada 29 November mendatang.

Kabar ini diawali dengan kicauan penuh perumpamaan dari salah seorang personel fiksi Gorillaz, basis Murdoc Niccals, melalui akun Twitter-nya, “Ten years, eh? T.E.N. Apa kepanjangannya? The End is Nigh!” Kicauan tersebut pun memicu orang-orang untuk berspekulasi soal pembubaran Gorillaz.

Spin melaporkan bahwa album tersebut akan tersedia dalam format CD, CD DVD, piringan hitam, dan edisi terbatas berupa box set dengan isi piringan hitam tujuh inci.

Sejak didirikan pada 1998, Murdoc bersama vokalis 2D, gitaris Noodle, dan drummer Russel telah merilis empat album, yaitu Gorillaz pada 2001, Demon Days pada 2005, Plastic Beach pada 2010, dan The Fall yang juga dirilis pada 2010. Mereka telah berkolaborasi dengan Snoop Dogg, Mick Jones, Tina Weymouth, De La Soul, Lou Reed, Gruff Rhys, Mark E. Smith, Shaun Ryder, Little Dragon, dan masih banyak lagi.

Damon Albarn sendiri baru saja merampungkan proyek musiknya di Rebublik Demokratik Kongo bersama sekumpulan produser dan musisi yang dilakukan dengan kolaborasi bersama organisasi pelawan kemiskinan dan ketidakadilan, Oxfam, yang akan menerima seluruh keuntungan dari penjualan album.

Proyek yang dinamakan DRC Music Project tersebut telah melahirkan satu album, yaitu Kinshasa One Two, yang akan dirilis 7 November mendatang.

Nama-nama yang turut serta dalam DRC Music Project meliputi Kwes, Totally Enormous Extinct Dinosaurs, Dan the Automator, Jneiro Jarel, Actress, Marc Antoine, Jo Gunton, dan pimpinan XL Recordings, Richard Russell.

Albarn juga baru saja mengumpulkan kembali para personel untuk proyek The Good, the Bad, and the Queen-nya. Proyek yang bisa dianggap sebagai supergrup ini akan tampil pada perayaan ulang tahun Greenpeace yang ke-40. Ini akan menjadi kali pertama Albarn, Simon Tong, Paul Simonon, dan Tony Allen tampil bersama sejak 2008 silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar