Rabu, 27 Juli 2011

Album Terbaru Simple Plan (Review)

Setelah tiga tahun mengeluarkan album ketiga mereka; Self-titled, Simple Plan (SP) meluncurkan album ke-4 yang bertitel Get Your Heart On! di minggu terakhir bulan Juni 2011 lalu. Album ini menampilkan 11 lagu, dan menjadikan Jet Lag sebagai single pertama, sekaligus menjadikan single duet pertama Simple Plan, yang dinyanyikan bersama salah satu diva pop Inggris, Natasha Bedingfield.
Di album ini Pierre cs. meninggalkan unsur sound hip hop dan eksplorasi musik seperti di album Self-titled dan kembali kepada akar pop-punk, yang melambungkan nama mereka seperti di album perdana, No Pads, No Helmets… Just Balls, serta memadukannya dengan apa yang telah mereka lakukan di Still Not Getting Any. Jadi, bisa dikatakan album ini sangatlah Simple Plan.

Get Your Heart On! dibuka dengan sebuah track pop-punk ala mereka,“You Suck At Love, lalu dilanjutkan “Can’t Keep My Hands Off You” dan “Jet Lag”. Setelah dibuka dengan tiga lagu yang penuh beat dan melodi yang mengembalikan jatidiri SP yang sempat hilang di album sebelumnya. Selanjutnya, kita akan merasakan konsep
yang sedikit berbeda, atau bisa dibilang “konsep gado-gado”, karena di 6 lagu berikutnya terdapat tiga lagu ballad, “Astronaut”, “Anywhere Else But You”, dan “Gone Too Soon” ditambah pula sebuah summer-song bernuasa reggae, “Summer Paradise”, yang berkolaborasi dengan World Cup-booming-singer, K’Naan, tapi kita masih temui dua lagu catchy pada “Loser of The Year” dan “Freaking Me Out”.
Dalam dua track penutup, mereka menyajikan penutup yang amat sangat Simple Plan seperti di tiga album mereka sebelumnya, musik yang lebih serius dengan paduan lyric penuh nilai perjuangan dalam hidup. “This Song Saved My Life” sebagai track pamungkas di album ini memuat pesan seperti pada lagu-lagu farewell Simple Plan lainnya seperti; “Perfect, “Untitled” dan “What If”.
Satu hal yang membedakan album ini dengan album-album sebelumnya, adalah  hadirnya suara latar dari para penggemar (yang didapatkan dari audisi via simpleplan.com) di lagu penutup. Ditambah pula keterlibatan beberapa musisi terkenal seperti Rivers Cuomo (Weezer), Natasha Bedingfield, K’naan dan Alex Gaskarth (All Time Low).
Secara keseluruhan album ini tidak memberikan hal baru dalam perkembangan musik genre pop-punk, dan Get Your Heart On! juga masih jauh untuk dikatakan sebagai masterpiece dari lima pemusik asal Quebec, Kanada itu. Namun, sebagai album comeback tidaklah mengecewakan, apalagi untuk menancapkan kembali eksistensi pop-punk di pentas musik dunia, yang sempat hilang dalam 5 tahun terakhir. Get Your Heart On! bisa menjadi reinkarnasi SP untuk kembali ke jalur musik yang berhasil melambungkan nama mereka sembilan tahun lalu, atau mungkin juga bisa menjadi perpisahan bagi mereka dengan genre musik ini. Untuk mengetahui jawabannya mungkin ada di album SP selanjutnya, yang bisa jadi adalah album Greatest Hits mereka. 3.5/5
In a blink of an eye/ I never got to say goodbye…

Recommended Songs: Jet Lag. Loser Of The Year, Gone Too Soon dan This Song Saved My Life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar