Rabu, 20 Juli 2011

Guns and Roses ( GNR )

Sewaktu musik pop mendominasi musik mellow dan pop metal, Guns N’ Roses menggetarkan dunia dengan menghadirkan musik beraliran Hard rock yang mengantarkan Rock n Roll kembali menduduki chart musik dunia. Mereka bukan sekumpulan anak baik yang coba-coba memainkan musik rock n roll, karena anak yang baik tidak akan pernah memainkan musik Rock n Roll, 
Ketika Slash dan Izzy Stradlin saling mengisi gitar, vokal diisi dengan suara kerennya Axl Rose, hantaman drum dan bass diisi oleh Steven Adler dan Duff McKagan mengantarkan Guns N’ Roses menjadi monster band rock nomor satu di dunia pada akhir 80 dan awal 90-an.
Guns N’ Roses pertama kali didirikan pada tahun 1985 di Hollywood, Los Angeles, California. Guns N’ Roses mengeluarkan EP pertamanya pada tahun 1986 dibawah label Geffen Record dan 1 tahun kemudian band ini mengeluarkan debut pertamanya, Appetite for destruction. Mereka mulai melakukan serangkaian show untuk untuk album debutnya, namun penjualan albumnya tidak mengalami peningkatkan, setelah MTV mulai memainkan “Sweet Child O’mine” seketika itu pula penjualan album ini meningkat dan mengantarkan GN’R menjadi salah satu band terbesar di dunia. Akhir tahun 1988 mereka merilis album barun, Lies.

Oktober 1990 GN’R memecat Steven Adler karena begitu parahnya adler memakai narkoba yang membuatnya menjadi lemah dalam memainkan drumnya. Posisi Drum yang kosong tersebut kemudian diisi oleh Matt Sorum. Selama proses rekaman, GN’R merekrut Dizzy Reed untuk mengisi keyboard. Setelah selesai melakukan proses rekaman, akhirnya GN’R mengeluarkan double album yaitu Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II pada musim gugur 1991. Album ini banyak berisi lagu-lagu yang masih enak buat di nikmati sampe sekarang seperti, Don’t Cry, November Rain, Estranged, Civil War dan Paradise City.
Ketika penjualan albumnya mengalami peningkatan, namun di dalam GN’R sendiri mulai terasa suatu perpecahan. Akhir 1991 Izzy stradlin keluar dari band dan dengan kepergiannya berarti GN’R kehilangan penulis lagu terbaiknya. GN’R tidak mengalami perubahan sampai pada tahun 1993 ketika mereka merilis album Spaghetti Incident yang merupakan lagu-lagu daur ulang dari artis lain, namun penjualan album ini tidak sesukses penjualan album sebelumnya. pada pertengahan 1994 tersebar rumor bahwa GN’R akan pecah, hal ini di karenakan Axl Rose menginginkan sedikit perubahan dalam aliran GN’R sedangkan Slash tetap ingin memainkan Blues dan hard Rock.
Slash keluar dari GN’R lalu mendirikan Velvet revolver bersama dengan Dua personil lainnya, Duff McKagen dan Matt Sorum. Sedangkan Axl Rose tetap bertahan di GN’R dan mengeluarkan album baru, Chinese Democracy.

ALBUM GNR
Appetite for Destruction (1987)

Appetite for Destruction adalah album debut Guns N' Roses band rock tahun 1987. Jadi nomor satu di Amerika Serikat dan dunia, yang berhasil terjual hampir 25 juta kopi. "Welcome to the Jungle", "Paradise City" dan "Sweet Child O Mine "adalah lagu yang menjadi ciri paling diakui dari band ini, yang mampu mempengaruhi dunia musik di Amerika Serikat, serta menjadi inspirasi bagi band lainnya.
Pada tahun 2001, majalah menjuluki album "Appetite for Destruction" sebagai salah satu dari 50 Album terberat sepanjang masa. Pada tahun 2003, jaringan TV VH1 menamakannya "Album Number 42".

G N' R Lies (1988)

G N'R Lies adalah album studio kedua dari Guns N' Roses, diluncurkan di tahun 1988. Album ini terdiri dari delapan lagu, empat di antaranya dari EP Live?! * @ Like a Suicide, dan 4 lainnya tambahan dari akustik. Album ini kurang padat dalam isi daripada album pertama (Appetite for Destruction), namun tidak kurang kontroversialnya, termasuk lagu-lagu seperti "One in a Million", yang mengandung kekerasan dalam isi liriknya, yang mendatangkan banyak masalah bagi band, atau "Patience" yang dianggap salah satu lagu akustik terbaik band ini. Dalam album ini jg terdapat lagu "You're crazy" dalam versi akustik yg pernah dirilis dalam versi elektrik di album "Appetite for Destruction".

Use Your Illusion I + II (1991)

Album "The Use Your Illusion" merupakan titik balik gema band Guns N' Roses. Meskipun tidak meninggalkan kecenderungan unsur hard rock mereka seperti dalam album pertama mereka "Appetite for Destruction". Use Your Illusion I untuk pertama kalinya menunjukkan unsur-unsur musik country blues dan klasik. Misalnya, si Axl Rose bermain piano di beberapa lagu dari kedua album. Use Your Illusion I berisi 2 dari 3 lagu, "November Rain" dan "Don't Cry", video ketiga lagu tsb biasanya disebut oleh fans mereka sebagai trilogi.
Banyak lagu di album ini ditulis pada tahun-tahun awal band ini terbentuk, namun tidak dimasukkan dalam Appetite for Destruction seperti "Back Off Bitch", "Bad Obsession", "Bad Apples", "Don't Cry", "November Rain" dan "The Garden". Hal menarik yg lain di Use Your Illusion I adalah merupakan lagu-lagu lama. "November Rain" dengang durasi hampir sembilan menit, mencatatkan rekor Guinness untuk lagu terpanjang di US chart serta lagu "Coma" yang berdurasi lebih dari 10 menit.

The Spaghetti Incident (1993)

"The Spaghetti Incident" adalah album kelima dari Guns N' Roses, yang direkam pada awal 90-an. Album ini terdiri dari cover version lagu punk glamour diakhir 70-an atau awal 80-an, dan sebuah lagu pengecualian berjudul "Since i do not have you", merupakan lagu dari tahun 1959.

Live Era: '87-'93 (1999)
"Live Era '87-'93" adalah album Guns N' Roses yg dirilis pada tahun 1999. Album "Live Era '87-'93" adalah double album yang total berisi 22 lagu, yang terdiri dari berbagai hasil pertunjukan live sepanjang perjalanan karir musik mereka. Album ini juga berisi buklet berwarna dengan foto-foto Guns N' Roses pada saat manggung ditempat yang berbeda di dunia.

Greatest Hits (2004)
Greatest Hits adalah album lagu-lagu kompilasi selama mereka berkarir musik. Album ini dirilis 2004 setelah absen selama 10 tahun, Album ini mencakup 13 hits yang diambil dari album "Appetite For Destruction" , "Use Your Illusion" dan "Spaghetti Incident". Dalam album ini jg disertakan lagu milik Rolling Stones "Simpathy For The Devil" yg jg merupakan soundtrack untuk film tahun 1995 "Interview with the Vampire". Greatest Hits adalah album yang sangat cocok untuk orang-orang yang tidak mengenal G N'R, karena didalamnya berisi lagu-lagu terbaiknya.

Chinese Democracy (2008)
"Chinese Democracy" adalah album keenam mereka. Album ini dirilis pada tanggal 23 November 2008 di Amerika Serikat setelah vakum 15 tahun tanpa merilis album. Guns N 'Roses merilis album studio pertama dengan 14 lagu termasuk yang belum pernah dirilis yaitu lagu "Shackler's Revenge" dan "This I Love".


Personil Sekarang
  • Axl Rose - lead vocals, piano (1985-present)
  • Bumblefoot - lead guitar (2006-present)
  • Robin Finck - lead guitar (1997-present)
  • Richard Fortus - rhythm guitar (2002-present)
  • Tommy Stinson - bass guitar (1998-present)
  • Brian Mantia- drums (2000-present)
  • Dizzy Reed - keyboards, piano (1990-present)
  • Chris Pitman - keyboards, programming (1998-present)
Ex-Personil
  • Ole beich - bass (1985)
  • Rob Gardner - drums (1985)
  • Tracii Guns - lead guitar (1985)
  • Steven Adler - drums (1985-1990)
  • Izzy Stradlin - rhythm guitar (1985-1991)
  • Gilby Clarke - rhythm guitar (1991-1994)
  • Slash - lead guitar (1985-1996)
  • Matt Sorum - drums (1990-1997)
  • Duff McKagan - bass (1985-1998)
  • Josh Freese - drums (1997-2000)
  • Paul Tobias - rhythm guitar (1994-2002)
  • Buckethead - lead guitar (2000-2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar