Rabu, 20 Juli 2011

Reggae is a part of my life

Kali ini indoreggae.com ketemu Glenn Fredly dalam acara Stop Global Warming di Kafe Pisa Mahakam Jakarta, pada tanggal 12 Juni 2007. Berikut petikan wawancara (Firama Latuheru & Carolin T) dengannya :
Apa yang ada dalam benak kamu ketika mendengar mendengar kata reggae ?
Reggae is peace..Damai..
Apa sih arti reggae bagi kamu?
Gue pecinta berat musik reggae karena dan reggae is a part of my life..Memang secara industri musik publik tahu gue melantunkan lagu bukan genre reggae.Tetapi, di album baru, gue berduet bersama Ras Muhammad dengan mengangkat karya Gombloh “Kugadaikan Cintaku” yang dikemas dengan nuansa Reggae..
 
Apa harapan kamu terhadap musik Reggae di Indonesia?
Musik itu bukan sekedar hiburan dan Reggae itu bukan sekedar musik tetapi sudah merupakan bagian dari gaya hidup. Dan reggae itu sendiri memiliki konten tentang nilai kehidupan yang dalam dan filosofis. Ketika bicara Reggae, kita tahunya Bob Marley, sesungguhnya banyak tokoh-tokoh Reggae yang luar biasa.
Reggae itu sendiri dapat menjadi aset di bumi Indonesia dan komunitas itu penting. Musik di Indonesia butuh media komunikasi, karena musik punya filosofi universal. Dan reggae harus menjadi bagian dari industri dan industri juga harus melihat reggae sebagai sebuah aset.
Pembelajaran komunitas reggae itu lebih penting dan lebih kepada unsur positif yang bisa dilakukan. Tidak sekedar dread lock maupun mariyuana. Sebab, filosofi reggae lebih dalam dan lebih luas. Reggae bukan sekedar hal-hal yang simbolik.Gue sangat respek dengan semua musisi reggae di Indonesia, harapan gue teman-teman lebih mengedepankan unsur edukasinya, karena Reggae itu memiliki spirit kebersamaan atau brotherhood yg kuat, dan itu adalah spirit membangun untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa ini, agar spirit reggae lebih menjadi bahasa yang universal dan bukan hanya milik penggemar musik reggae dan dapat diterima oleh banyak orang.
Oleh karena itu, gue juga sangat berharap komunitas reggae jangan sampai terkotak-kotak atau terpecah-pecah.
Pernah nonton acara-acara Reggae?
Dulu waktu di Belanda gue sering nonton musik Reggae. Pernah juga ke BB’S.
Punya pengalaman menarik tentang Reggae?
Ada dan itu tidak pernah terlupakan. Waktu itu gue nonton pertandingan sepak bola Persipura lawan Persema Menado di Papua. Dan, gue duduk diantara supporter Persipura, mereka pakai band reggae yang semuanya gimbal dengan lagu-lagu bahasa Papua. Itu vibe reggae yang gue rasakan di negara sendiri, tanpa harus ke Jamaican.
Peace & Love ..!
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar